News update:

Pembangunan Bandara Sumarorong

Selasa, 27 Desember 2011




MAMASA — (MAMASA CYBER NEWS) Pembangunan Bandara Sumarorong di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, pada 2012 mendapat alokasi anggaran dari APBN sekitar Rp14 miliar.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Sabtu, mengatakan alokasi anggaran pembangunan Bandara Sumarorong tersebut diambilkan dari anggaran yang akan dialokasikan untuk Bandara Tampapadang di Kabupaten Mamuju.

“Sedangkan Bandara Tampapadang Mamuju pada 2012 mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat Rp62 miliar,” katanya.

Namun, kata dia, karena anggaran tersebut besar, sebagian diambil dan dialokasikan untuk pembangunan Bandara Sumarorong Mamasa, yakni Rp14 miliar.

Ia mengatakan, Sumarorong butuh dibangun cepat karena akan menjadi bandara perintis di Sulbar untuk memperpendek jarak antara Kabupaten Mamasa dan Kabupaten Mamuju.

“Dengan dibangunnya Bandara Sumarorong Mamasa maka jarak antara Kabupaten Mamasa yang terletak di pegunungan Provinsi Sulbar dan Kabupaten Mamuju akan semakin dekat, tidak akan memakan waktu lama seperti sekarang mencapai delapan jam,” katanya.

Menurut dia, dengan adanya jasa transportasi udara itu nantinya, pengelolaan sumber daya alam Mamasa akan dapat dikelola maksimal, dan sejumlah daerah terisolasi akan mampu dijangkau sehingga perekonomian akan tumbuh di daerah itu.

Ia mengatakan, pada 2011 Bandara Sumarorong mendapatkan alokasi anggaran untuk pembangunannya sekitar Rp100 miliar dari pemerintah pusat.

“Namun anggaran itu tidak dicairkan karena ada masalah pembebasan lahan milik masyarakat,” katanya. Gubernur berharap pada tahun mendatang Pemerintah Kabupaten Mamasa dapat menyelesaikan pembebasan lahan agar tidak ada lagi kendala ketika ada bantuan mengalir dari pemerintah pusat.

Sumber : antara news
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamasa 2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Mamasa Cyber News 2012 | Powered by MCN 2012.