News update:

Dana BOS Kabupaten Mamasa Diduga Diselewengkan

Minggu, 29 Januari 2012



MAMASA- (MAMASA CYBER NEWS) Penyaluran dana bantuan operasional siswa (BOS) di Kabupaten Mamasa ada sejumlah sekolah dasar yang diduga menggelembungkan jumlah siswa dan menyalahgunakan bantuan dari pemerintah tersebut.
Khusus di kecamatan Mambi,tidak kurang dari 5 kepala sekolah dari 19 Sekolah Dasar diduga kuat melakukan penggelembungan jumlah siswa.Hal ini sesuai pantauan Lembaga Pengawasan Aparatur Negara (LPAN). LPAN menemukan adanya penggelembungan siswa serta penyelewengan dana BOS yang dikelola kepala sekolah. Salah satu sekolah yang didatangi tim pengawasan adalah SDN 007 Salubulung Kelurahan Talippuki Kecamatan Mambi. 

Kepala Sekolah Muh Najib S.Pd saat dikunjungi tim terkesan tertutup dan menolak memberikan data siswa. “Tidak perlu mencari berapa jumlah siswa disini.Sebab kalau itu yang mau dicari pasti akan banyak kecurangan,” kata Najib. 

Malah ia mengatakan, kesalahan pemerintah selama ini khususnya Kepala Dinas Pendidikan, karena telah berani memberikan izin untuk mendirikan sekolah yang ada di Salubuah,sehingga sekolah ini kekurangan murid.”Bahkan sebentar lagi akan mati,” ungkapnya.Jadi jika tidak menggelembungkan siswa, dimana pihak sekolah mau dapat bantuan dana. “Jadi siapa yang salah, kalau saya melakukan penggelembungan siswa kami atau pemerintah,” tegasnya. 

Sementara itu, sesuai pantauan dan pengawasan tim LPAN Provinsi Sulbar data jumlah siswa yang ada di SDN.007 Salubulung hanya kurang lebih 70 Orang siswa. Sedangkan data yang diambil tim melalui UPTD Kecamatan Mambi jumlah siswa sebanyak 114 orang siswa. 

Kondisi ini sudah tidak sesuai dengan keadaan di lapangan.Disamping itu, Kepala SDN 007 Salubulung saat ditemui tim pengawasan,sama sekali tidak mau memberikan data jumlah murid dan pengalokasian dana BOS disekolahnya. ”Ini membuktikan bahwa disekolah tersebut ada penyelewengan dana serta penggelembungan siswa yang terjadi. dan fakta tersebut sudah dilaporkan tim kepada kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa,” pungkas salah satu anggota tim LPAN.

Sumber : Pare Pos

Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamasa 2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Mamasa Cyber News 2012 | Powered by MCN 2012.