News update:

Kopi dan Markisa Andalan Mamasa

Selasa, 17 Januari 2012



MAMASA — (MAMASA CYBER NEWS) Pemerintah Kabupaten Mamasa akan berupaya meningkatkan produksi hasil pertanian di Bumi Kondosapata. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengembangkan berbagai tanaman partanian dan perkebunan yang menjadi andalam Mamasa selama ini. Karena selain sektor Pariwisata menjadi andalan kabupaten pemekaran dari Polewali Mandar ini sektor pertanian dan perkebunan juga memiliki potensi untuk dikembangkan. Dua komuditi perkebunan yang menjadi andalan di Kabupaten Mamasa yakni kopi dan merkisa. Selain itu beberapa hasil perkebunan lainnya tetapi dua komuditi ini menjadi ciri khas Kabupaten Mamasa.

Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi kepada wartawan beberapa hari lalu mengatakan pengembangan tanaman kopi menjadi harapannya. Karena Mamasa merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Pulau Sulawesi selain Tana Toraja dan Enrekang Sulawesi Selatan.
Ramlan mengatakan setiap kunjungannya kesejumlah wilayah di Mamasa, dirinya terus mengajak warga untuk mengembangan tanaman kopi. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kopi juga merupakan ciri khas Kabupaten Mamasa sejak dulu. Tanaman kopi merupakan warisan leluhur warga di Mamasa sehingga patut untuk di lestarikan.
“Dari zaman penjajahan, Mamasa sudah dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Sehingga patut untuk dipertahankan dan menjaga kualitas kopi Mamasa agar makin dapat diterima pasar lokal dan internasional,” kata Ramlan.

Sumber : Radar Sulbar
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamasa 2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Mamasa Cyber News 2012 | Powered by MCN 2012.