News update:

Bupati Mamasa Minta Warga Komsumsi Pangan Lokal

Selasa, 17 Januari 2012



MAMASA - (MAMASA CYBER NEWS) Bupati Mamasa, Ramlan Badawi meminta masyarakat dan PNS di Lingkup Pemkab Mamasa untuk lebih mengkomsumsi pangan lokal hasil pertanian petani Mamasa.

Karena banyak pangan lokal selain beras yang dapat dijadikan komsumsi bagi masyarakat. Hal ini untuk menumbuhkan keanekaragaman pangan di Kabupaten Mamasa sehingga masyarakat tidak hanya tergantung pada makanan pokok beras.

Bupati Mamasa, Ramlan Badawi mengungkapkan hal ini ketika membuka rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Mamasa, Kamis 12 Januari kemarin di Aula Mini Rujab Bupati. Rapat koordinasi ketahanan pangan dipimpin Kepala Badan Ketahanan Pangan Mamasa, Yusuf Ma’dika dan dihadiri sejumlah pimpinan SKPD dan para camat. Rapat koordinasi ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan ketahanan pangan
Kabupaten Mamasa yang lebih baik.

Apalagi pertumbuhan penduduk di Mamasa saat ini semakin bertambah sehingga memerlukan asupan pangan yang cukup. Produksi pangan di Mamasa harus seimbang dengan perkembangan penduduk.

Membudayakan mengkomsumsi pangan lokal juga dapat memotivasi para petani untuk meningkatkan hasil pertaniannya. Ia berharap ketergantungan pangan dari daerah lain lambat laun akan semakin dikurangi jika produksi pangan di Mamasa meningkat setiap tahunnya.

Dalam kesempatan ini Ramlan juga meminta kepada seluruh petugas lapangan yang berkaitan dengan bidang pertanian, peternakan dan lainnya agar aktif terjun ke lapangan membimbing petani dalam meningkatkan produksi pertaniannya. 

“Kami akan memberikan perhatian kepada petugas penyuluh pertanian yang rajin turun kelapangan dengan memberikan pelatihan-pelatihan, mengikutkan studi banding ke daerah lebih maju untuk menjadi bahan dalam membimbing petani,” kata Ramlan. 

Dalam rapat koordinasi ini, peserta melakukan dialog dengan bupati. Sejumlah masukan dan pertanyaan terkait peningkatan pangan di Mamasa dibahas dalam pertemuan tersebut. Dalam dialog ini berbagai saran mengerucuk kepada tehnis pengelolaan pangan lokal menjadi sesuatu makanan yang dapat diminati rakyat Mamasa. Karena di Mamasa memiliki jenis tanaman yang cukup beragam, namun semuanya harus diproduksi dengan cara moderen yang bermutu dan bernilai jual tinggi. 

Dalam kesempatan ini Kepala Badan Ketahanan Pangan, Yusuf Ma’dika mengatakan sudah memprogramkan
pelatihan pengelolaan bahan pangan yang berkualitas dan baik, kepada petugas pertanian dan selanjutnya dapat melatih masyarakat.
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamasa 2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Mamasa Cyber News 2012 | Powered by MCN 2012.