News update:

Distanak Sulbar Siapkan Benih Padi Unggul

Kamis, 02 Februari 2012



Mamuju, MAMASA CYBER NEWS -- Dinas Pertanian dan Pertenakan Provinsi Sulawesi Barat, menyiapkan benih padi unggul bermutu dalam rangka mendukung peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian di wilayah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sulbar Ir.H.Muh.Abduh di Mamuju, Rabu (1/2), mengatakan, tahun ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian telah memberikan bantuan untuk pengadaan bibit unggul bermutu.

"Bantuan benih unggul bermutu itu akan memenuhi kebutuhan petani dengan luas lahan hingga 59.250 hektare yang tersebar pada lima Kabupaten di Sulbar," katanya.

Ia menyampaikan, bantuan bibit tersebut diberikan karena Sulbar telah diminta memacu peningkatan produksi berasnya dalam rangka mendukung program pemerintah pusat yakni mensukseskan program peningkatan produksi beras nasional (P2BN).

Abduh mengatakan, pemerintah pusat sangat serius untuk memberikan bantuan kepada daerah-daerah yang menjadi sentra penghasil beras seperti ke Sulbar sekaligus pemenuhan target pencapaian produksi nasional mencapai 10 juta ton beras tahun 2012.

Dikatakannya, dari total bantuan pusat untuk pengadaan benih unggul ini akan disebarkan ke lima kabupaten sesuai dengan potensi masing-masing daerah. Benih unggul bermutu ini akan disalurkan ke Kabupaten Mamuju pada lahan pertanian seluas 24.000 hektare, Kabupaten Mamuju Utara 5.000 hektare.
Selain itu, Kabupaten Polman 16.000 hektare, dan Kabupaten Majene 1.750 hektare, serta Kabupaten Mamasa 12.500 hektare.

"Bantuan benih unggul yang dialokasikan pemerintah pusat untuk petani itu tidak akan dikelola pemerintah Sulbar, tetapi akan disalurkan ke rekening kelompok petani penerima bantuan tersebut yang telah mengikuti program sekolah lapang pertanian teknologi terpadu (SLPTT) secara lansung," katanya.

Karena itu, kata dia, adanya alokasi anggaran bantuan benih unggul bermutu itu semakin memotivasi petani dalam rangka memacu peningkatan produksi padi petani di Sulbar dari 363.000 ton pada tahun 2011.
"Target peningkatan produksi itu tetap kita upayakan bisa terpenuhi. Apalagi, dengan bantuan bibit itu jelas akan memberikan dampak positif bagi peningkatan produksi beras di Sulbar," kata Abduh
Sumber : Info Publik
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamasa 2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Mamasa Cyber News 2012 | Powered by MCN 2012.